[Musician Review] James Bay





Terkenal dengan ciri khas topi fedora dan gitarnya, musik-musik james bay cukup menarik untuk didengar.

Gue gatau kenapa banyak musisi inggris yang bisa bikin musik yang easy listening dengan lirik yang nyentuh sanubari. God bless UK.

Awalnya, gue tau James Bay dari finalis X-Factor Indonesia, Aldy yang perform bawain singlenya James Bay. Mulai dari situ lah gue banyak cari tahu informasi seputar James Bay di internet.

James Bay mulai dikenal publik Inggris sekitar tahun 2014 dan mendunia di kuartal pertama 2015, CMIIW. Single yang berhasil membawa nama James Bay ke seluruh dunia adalah Hold Back The River.

Kalo ngomongin suara, Bay menurut gue punya suara yang biasa aja. Ga terlalu gimana-gimana. Yang bikin James Bay beda adalah musiknya. Gue speechless deh kalo disuruh ngedeskripsiin musiknya kaya apa. Enaknya kalian denger langsung dan rasain perbedaannya.


Prestasi James Bay

Di tahun pertamanya sebagai musisi yang dikenal publik, James Bay langsung dianugerahi banyak nominasi dalam penghargaan musik. 

Kerennya, bukan awarding-awarding cemen. Tapi Bay masuk kategori di awarding sekelas Brit Awards, MTV UK, BBC Music Awards, MTV Video Music Awards, MTV Europian Music Awards, bahkan Grammy yang bukal berasal dari Inggris.

Mayoritasnya, Bay masuk dalam kategori pendatang baru, penyanyi solo-pria terbaik, single of the year dan album of the year.

Kalau boleh jujur, gue rada gak terima James Bay ga menang di kategori Best New Artist - 58th Grammy Awards (2016). Walau ga menang di amerika, tapi untungnya James Bay bisa menang di negaranya sendiri.


James Bay berhasil memenangkan kategori British Male Solo Artist di Brit Awards 2016. Saingan Bay di kategori ini bukan musisi cemen loh. Sebut aja Mark Ronson, Jamie XX, bahkan Calvin Harris. 


Single James Bay

Let It Go



Pertama kali denger lagu ini, gue kira lagu ini bakal boring. Instrumennya sederhana, cuma gitar dan keyboard atau piano gitu deh. Buat orang yang seneng musik rame kaya gue, itu sangat membosankan.

Tapi begitu nyampe refrain, beuhhhh. Pecah. Langsung keinget terus ini lagu. Gue kena banget pas di lirik just let it beeeee di refrain. Gatau kenapa berasa enak aja gitu.

Selain lirik tadi, lirik why are we doing it doing it doing it anymore bikin gue gemes. Enak banget dilafalin. 


Hold Back The River



Lagu yang ini awalnya ringan banget. Petikan gitarnya juga asik. Kerennya, lagu ini main banget di tensi. 

Tensi dari lagu ini mulai naik perlahan pas ada suara drum-drum tanggung. Dan tensinya terus naik dan naik sampe refrain. 

Pas refrain, ah. Klimaks. 

Lirik-liriknya juga enak banget buat dilafalin. Gue selalu suka lagu asing yang liriknya enak buat dilafalin. Menurut gue ini jadi nilai plus dan tanda kalo musik tersebut bisa diterima di kita.


If You Ever Wanna Be In Love



Lagu ini dibuka dengan alunan piano dan tanpa jeda disambut sama bass dan drum yang asik banget. Dum dum dum.

Selama kurang lebih 4 menit, gue nikmatin banget suara bass dan drumnya. 

Refrainnya juga seru. Semuanya enak.